Rabu, 04 Februari 2015

Contoh Menulis Essay Singkat Tentang Diri


Nama saya Maya Nurul Hayat ZA, saya lahir di Sukabumi Jawa Barat  pada tanggal 17 Mei 1995 .Saya biasa di panggil dengan nama Mayu. Saya dilahirkan dari keluarga yang sangat bahagia. Saya sangat bersyukur karena ketika lahir saya masih memliki orang tua utuh yang sangat menyayangi anak-anaknya, saya anak kedua dari tiga bersaudara. Saya memiliki kakak yang sekarang masih menembuh kuliah disalah satu di Universitas swasta di Sukabumi dan Adik saya masih bersekolah di Madrasah Ibtidaiyyah kelas empat. Hobbi saya yaitu Badminton, Futsal dan Bersepeda. Saya suka badminton dan mengidolakan atlit Nasional badminton yaitu Dionisius Hayom Rumbaka, Simon Santoso dan Liliyana Natsir. Saya adalah orang yang sangat suka pada hal-hal yang berbau olahraga. Di futsal, Alhamdulilah saya sekarang jadi Atlit futsal waupun dinaugan fakultas saja.
Saya berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab dan baik. sehingga selama ini belum ada hal-hal yang bermasalah dengan teman, keluarga dan orang sekitar saya. Saya lebih suka pada orang yang bersikap bergaul dengan siapa saja tanpa memikirkan kekurangan dan kelebihan pada setiap manusia di karena kesempunaan hanya milik ALLAH SWT.
Sekarang saya akan menceritakan tentang pendidikan saya semasa di sekolah hingga sekarang.
Ketika saya masuk Madrasah Ibtidaiyyah selama 7 tahun saya menuntut ilmu. Saya sekolah di MI MWB PUI Jalancagak Cibaraja Sukabumi. Selama saya di Madrasah Ibtidaiyyah  saya mendapatkan peringkat terbaik saat yaitu pada saat saya kelas 6 mendapatkan ranking 2. Prestasi yang saya capai di MI yaitu pada kelas 2 Lomba Mewarnai Se Kabupaten Sukabumi Juara 2 dn kelas 4 lomba kagirafi juara. Saya tergolong orang yang ingin bisa dalam segala bidang pelajaran.
Selanjutnya saya menempuh pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) selama 3 tahun di MTs. Sunanul Huda Cikaroya Sukabumi. Saya masuk ke MTs yaitu siswa terbaik ke-5 dan titempatkan dikelas Favorit. Semasa MTs saya mendapatkan ilmu dan pengalaman. Dan pada semasa MTs saya terkenal pendiam dan pemalu. Saya lulus dengan nilai yang memuaskan dengan belajar sungguh-sungguh dan berusaha untuk bisa lulus dalam Ujian Negara (UN).
Kemudian saya melanjutkan ke tingkat Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Di MAN 2 kota Sukabumi. Saya dari mulai pertama menempuh pendidikan saya berbasis agama. Pada masa sekolah di MAN saya banyak memiliki teman yang mempunyai sifat berbeda-beda dari yang nakal, pendiam dan yang suka bolos sekolah. Pada saat saya di MAN saya mengikuti ekstrakulikuler Badminton, karena saya suka dan hobi dengan olahaga tersebut. Saya di MAN mempunyai banyak teman, karena saya suka bergaul dengan siapa saja yang membuat saya banyak teman. Saya masuk program IPS pada kelas sebelas, awalnya saya sangat kecewa dengan keputusan sekolah memasukkan saya ke program IPS bukannya IPA. Tetapi lambat laun saya mulai enjoy dengan teman-temannya, pelajaran-pelajarannya, dan guru-gurunya.  Allah berkehendak lain dengan memasukkan saya ke program IPS karena prestasi saya di program ini sangat baik malah lebih baik daripada prsetasi saya  di kelas sepuluh. Saya termasuk orang yang mudah menangkap pelajaran yang diberikan guru kepada saya. Sehingga saya pernah menduduki peringkat 1 dikelas.  Disitu saya baru menyadari bahwa itu memang jalan terbaik saya dan saya sangat bersyukur sekali dengan pencapaian yang saya itu.
Setelah lulus saat bertekad untuk melanjutkan Kuliah di  Universitas Negeri  yang berada diuar kota. Walaupun awalnya orang tua saya melarangnya, tetap saya terus berusaha menyakinkan mereka agar dijinkan kuliah diluat kota. Saya memilih UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Awal mendaftar saya bingung jurusan apa cocok dengan saya. Cita-cita saya itu ingin menjadi guru, nah jurusan pertama terpikir yah keguruan tetapi di UIN tidak ada jurusan  keguruan yang saya ingikan yaitu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial atau Jurusan Sosiologi karena saya suka dengan kedua itu dan paham. Dengan tidak ada jurusan tersebut saya semakin bingung memilih jurusan apa yang sesuai dengan saya. Akhirnya saya memilih  yang berkaitan dengan kesosialan yaitu Administrasi Negara yang sekarang menjadi prodi yang saya tempuh untuk mendapat gelar S1.
 Awal kuliah saya masih awam dengan pelajaran-pelajarannya dari mulai pengantar administrasi sampai politik di Indonesia. Tetapi saya berusaha untuk bisa memahami pelajaran dan berusaha untuk bisa mengikuti pelajaran dan akhirnya sampai saat ini saya bisa menguasai sedikit demi sedikit mengenai keadministrasian dan perpolitikan khususnya diIndonesia. Saya dikuliah aktif dibidang Olahraga (futsal, Badminton) dan InsyaAllah juga aktif dibidang keagamaan (Ukm Alhalussunnah Wal Jamaah, Tilawah, Pengajian Kitab).  Saya tidak hanya menyukai hal-hal yang berbau olahraga tetapi saya juga menyukai hal-hal yang agamis. Saya  ingin sukses didunia dan di akhirat.
Itulah diskripsi singkat mengenai diri saya. Kata-kata motivasi yang saya kutif disalah satu situs internet yaitu orang-orang yang optimis bukan berarti menjalani hidup tanpa kesulitan. Mereka tetap menghadapi masalah, tantangan dan hambatan. Namun itu tidak menghalanginya justru itu sebagai kesempatan. Satu lagi yaitu hadapilah semua yang terjadi dan mimpikanlah masa depan yang indah dan tidak lupa kuasai hidup detik per detik dengan sesuatu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar