Berikut ini adalah definisi atau pengertian dari beberapa istilah yang berhubungan dengan perangkat lunak Microsoft Office dan sering digunakan dalam dunia Microsoft Office:
■ Case
Case adalah istilah yang biasa digunakan dalam dunia word processing seperti pada Microsoft Word, untuk menentukan bentuk capital dari suatu kata atau kalimat. Contoh case: Uppercase digunakan untuk mengubah semua bentuk huruf menjadi huruf besar atau huruf capital, Tittle case digunakan untuk mengubah susunan kalimat seperti bentuk judul, di mana semua kata diberi huruf besar pada huruf awalnya, Lowercase digunakan untuk mengubah semua huruf menjadi huruf kecil, dan seterusnya.
Fasilitas Change Case
dapat memudahkan penggunanya untuk mengubah susunan huruf capital tanpa
harus mengetikkan ulang kalimat yang akan diubah bentuk hurufnya.
■ Outline
Outline adalah sebuah hierarki untuk menampilkan teks-teks yang berhubungan melalui tahap penggambaran. Outline banyak dipakai untuk artikel-artikel yang bersifat riset, karena outline menyediakan ringkasan yang menunjukkan alur kerja riset tersebut.
■ Section Break
Section Break adalah halaman yang bersifat sebagai halaman pemisah antar-bab dalam sebuah buku. Section Break memiliki elemen format seperti margin, orientasi halaman, header, footer, dan penomoran khusus dari sebuah dokumen.
Dalam hubungannya dengan Microsoft Word, fitur Section Break
memungkinkan bagi penggunanya untuk menerapkan format yang berbeda pada
satu halaman yang sama tanpa mempengaruhi format keseluruhan halaman
tersebut. Contoh paling mudah adalah ketika Anda ingin menggunakan gaya
tulisan menggunakan kolom pada satu halaman, akan tetapi ada perbedaan
jumlah kolom antara satu bagian dengan bagian yang lain. Model seperti
ini banyak kita temukan pada layout koran dan majalah, di mana bagian headline biasanya menggunakan hanya satu kolom, sedangkan bagian isi di bawahnya menggunakan dua kolom. Untuk itu, Anda membutuhkan Section Break untuk memisahkan bagian dengan satu kolom dengan bagian dengan dua kolom
■ Drop Cap
Drop Cap adalah sebuah
huruf yang mempunyai ukuran lebih besar dari huruf lainnya. Biasanya
digunakan untuk memulai sebuah paragraf. Huruf yang menggunakan efek Drop Cap
akan memiliki ukuran hingga menyita beberapa baris tulisan normal
sekaligus, sehingga tulisan pada beberapa baris tersebut menyingkir di
sebelah huruf Drop Cap.
Selain dipergunakan untuk menandai huruf awal dari sebuah tulisan, efek Drop Cap biasanya juga dijadikan sebagai karya dekoratif dengan cara memberi style tertentu pada huruf Drop Cap, sehingga menjadi bagian dari dekorasi tulisan untuk mempercantik tampilan halaman.
Efek Drop Cap biasanya disediakan pada aplikasi word processing seperti pada Microsoft Office.
■ Office Button
Office Button adalah sebuah fitur yang diperkenalkan pada Microsoft Office 2007. Office Button berfungsi untuk menggantikan menu File dan ditempatkan pada pojok kiri atas aplikasi Microsoft Office. Di dalam Office Button terdapat perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu, Office Button juga dilengkapi dengan perintah-perintah baru seperti Finish, Publish, Inspect Document.
■ Task Pane
Task Pane adalah salah satu fitur Microsoft Office yang mulai diperkenalkan pada Microsoft Office XP. Task Pane terletak di sebelah kanan kertas kerja. Tujuan utama dibuatnya Task Pane adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna Microsoft Office dalam menggunakan perintah, mengumpulkan informasi, dan memodifikasi dokumen. Sebuah Task Pane dapat memuat satu atau beberapa halaman sekaligus, dan setiap halaman dipisahkan dalam sebuah section.
Gutter
Gutter adalah jarak antar kolom ketika sebuah tulisan dibuat dengan tata letak menggunakan banyak kolom. Gutter juga bisa berarti jarak antara dua tulisan pada halaman yang berdampingan pada sebuah buku. Dengan demikian, Gutter tidak lain adalah sejenis margin dan pengaturan gutter menjadi penting dalam tata letak halaman.
Keberadaan gutter yang tidak baik akan membuat tulisan lebih sulit untuk diikuti karena alirannya menjadi bercabang. Selain itu, dalam kasus gutter pada lipatan buku, pengaturan gutter
yang tidak terlalu lebar akan membuat tulisan berada pada area lipatan
sehingga sebagian tulisan menjadi sulit atau bahkan tidak bisa dibaca
karena terlipat.
Tujuan utama adanya Gutter
adalah agar tulisan lebih mudah untuk diarahkan. Selain itu, sebuah
tulisan panjang yang membentuk blok tulisan yang besar yang memenuhi
halaman tanpa menyisakan ruang akan menjadi tulisan yang sulit untuk
dibaca dan dimengerti. Dengan adanya Gutter, Margin, dan ruang-ruang putih (white space)
di antara tulisan, secara visual akan membuat tulisan menjadi lebih
menarik. Ketika mata pembaca melihat kolom-kolom tulisan yang diberi
jarak, maka secara otomatis matanya akan memisahkan blok tulisan yang
diberi Gutter tersebut untuk dibaca secara terpisah.
Koran adalah salah satu contoh hasil cetak yang menggunakan banyak Gutter dan Margin.
Ketika kita membaca Koran, maka sejak di halaman depan kita melihat
tulisan yang dipilah-pilah ke dalam beberapa kolom yang secara jelas
dipisahkan oleh ruang putih. Ruang putih inilah yang dinamakan Gutter,
yang memberitahukan mata kita agar membaca kolom demi kolom sebagai
bagian yang terpisah dan dibaca secara berurutan. Masing-masing kolom
membentuk ceriteranya masing-masing, sehingga Gutter di sini memiliki fungsi sebagai pembatas aliran ceritera tersebut. Gutter
juga menjadi ruang istirahat bagi mata agar pembacanya dapat tetap
fokus pada tulisan yang dibacanya. Anda dapat membayangkan bagaimana
jika koran dibuat tanpa kolom. Tulisan kecil yang membentuk blok sangat
besar dari pinggir kiri hingga ke pinggir kanan tanpa ruang putih akan
terlihat sangat buruk dan sangat sulit untuk dibaca dan dimengerti.
■ Margin
Margin adalah ruang kosong di sekeliling tepian halaman. Secara umum Anda dapat memasukkan teks dan gambar pada bidang cetak di dalam margin. Anda dapat pula memposisikan beberapa hal di dalam margin, misalnya, header, footer, dan nomor halaman.
Margin berbeda dengan Gutter. Istilah “Margin” merujuk pada bagian batas tulisan yang dapat dicetak pada kertas dalam istilah percetakan. Margin
menjadi penting karena tulisan dan gambar tanpa diberi margin yang
cukup dapat terpotong pada saat proses pencetakan. Sedangkan Gutter
adalah jarak antar kolom yang dipergunakan untuk memisahkan kolom-kolom
tersebut. Gutter juga dapat berarti jarak antara dua margin di dalam
dua halaman yang berbeda, seperti yang biasa dipergunakan dalam
pencetakan buku. Dengan demikian, Gutter adalah margin, tetapi margin bukan gutter.
■ Ribbon
Ribbon adalah widget
GUI yang berupa lembaran yang melintasi window dan menampilkan semua
fungsi dari program dalam satu tempat saja. Ide utama di balik Ribbon
adalah untuk meningkatkan kegunaan dengan cara menggabungkan semua
fungsi dan perintah ke dalam satu tempat yang mudah dikenal. Dengan
adanya Ribbon, pengguna tidak perlu mencari dalam menu yang bercabang-cabang, di dalam Toolbar yang berserakan, atau di dalam Task pane yang berbeda-beda untuk mencari perintah yang diinginkannya.
■ Scroll bar
Scroll bar adalah baris atau kolom yang terletak di sisi kanan atau di sisi bawah sebuah jendela. Scroll bar terdapat pada sebuah jendela yang memuat area display yang besar. Scroll bar
memiliki tombol yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah, atau ke
kanan dan ke kiri, dan menjadi petunjuk posisi jendela pada area display.
■ Flowchart
Flowchart adalah gambaran skematis dari sebuah proses. Flowchart
banyak digunakan dalam presentasi bisnis untuk membantu pesertanya agar
mendapatkan gambaran secara visual secara lebih baik dari materi yang
disajikan, atau untuk menemukan kelemahan-kelemahan dalam sebuah proses.
Flowchart juga sering digunakan untuk menggambarkan urutan dan percabangan dalam program. Dengan adanya flowchart,
maka orang lain akan mendapatkan gambaran secara umum dari proses
algoritma yang dibuat pada program tersebut. Struktur Organisasi yang
rumit juga dapat dibuat dengan menggunakan flowchart.
■ Formula
Formula dalam lingkungan Microsoft Excel
adalah sekumpulan instruksi yang dimasukkan ke dalam sel untuk
melakukan perhitungan (pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
dan sebagainya). Dalam aplikasi spreadsheet tersebut, formula selalu diawali dengan tanda “sama dengan” (=) dan digunakan untuk melakukan kalkulasi dan ditempatkan di dalam satu sel.
■ Office Assistant
Office Asistant adalah fitur yang disediakan mulai dari Microsoft Office 97 hingga Microsoft Office 2007. Nama resmi dari Office Assistant adalah Clippit, yang bertugas untuk menyediakan fungsi pencarian dan anjuran berdasarkan algoritma Bayesian.
http://blog.kursusprivat.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar